Tasawuf penjernih hati

1. asysybly berkata:sukur adalah jalan melihat yang memberi bukan melihat yang di berikan.Siapa yang tidak melihat sang pemberi nikmat maka nikmat itu hanyalah istidroj dan berubah menjadi balak
2. Alloh mewahyukan kepada nabi 7:hai daud katakan kepada orang orang sidik dengan aku hendaknya mereka bergembira dan dengan berdikir menyebut namaku hendaknya mereka merasakan nikmat
3. قل بفضل الله و برحمته فبذلك فاليفرحوا هو خير مما يجمعون
4. Sholat adalah pemberian terbesar Alloh untuk hambanya sebagai mana tersebut dalam sabda nabi:tidak di berikan kepada hamba sesuatu yang lebih baik ketimbang diizinkan sholat 2 rokaat .sebab sholat sebagai hubungan langsung antara hamba dengan Alloh bertemu kata kata dan berkholwat.di situlah seorang hamba menyatakan kehambaanya kerendahan kehinaan hajat dan kebutuhanya.
5. Yang sempurna adalah hamba yang minum dari nur tauhid maka ia bertambah kesadaranya dan lenyap dari melihat sesuatu selain Alloh.kemudian bertambah dekatnya kepada Alloh
6. Abu muhammad aljariri mengatakan: siapa yang menyangka ada amal yang mampu menyampaikanya ke tujuan keinginanya baik yang tinggi maupun yang rendah maka ia telah sesat dari jalannya.
7. من لا يشكر القليل لا يشكر الكثير و من لا يشكر الناس لا يشكر الله
8. Pikiran terbagi menjadi 2 :pertama pikiran yang timbul dari percaya ada pada diri salik mereka berkeyakinan adanya mahluk menunjukkan adanya khalik pikiran ini di ambil dari bawah ke atas.kedua pikiran yang timbul dari melihat kenyataan .ini ada pada diri majdub berpikir dari atas ke bawah.adanya yang menciptakan menunjukkan adanya yang di ciptakan.
9. Siapa yang yakin bahwa Alloh menuntut dan menyuruh kepadanya ibadah pasti ia bersungguh sungguh menghadap Alloh dan siapa yang mengetahui segala urusan di tangan Alloh maka pasti bulat tawakal , berserah diri kepada Alloh.
10. Sahl bin abdulloh berkata:siapa yang senang pada sesuatu yang tidak layak di senangi maka ia telah mendatangkan kesusahan yang tidak ada habisnya.
11. Semangat yang tidak padam bagaikan kendaraan yang tidak kunjung berhenti Kecuali telah sampai tujuan berupa hadrotul kudsi (di sisi Alloh)di mana Alloh sendiri yang menyenangkan, membuka nur hati dan selalu di sisi Alloh
12. يحتص برحمته من يساء
Allah menentukan rahmatnya kepada siapa yang di kehendakinya .setiap orang yang berdzikir memperoleh nur keimanan .
13. Aku selalu mengikuti persangkaan hambaku dan aku selalu mendampinginya selama ia ingat kepadaku.jika ia berdzikir padaku dalam hatinya aku ingat padanya dalam dzatku,dan bila ia dzikir kepaku di muka umum maka aku ingati ia dalam majlis yang lebih baik dari golonganya,bila ia mendekat padaku sejengkal maka aku mendekat padanya sehasta ,bila ia mendekat padaku sehasta aku mendekat padanya sedepa,dan bila ia datang kepadaku berjalan aku datang kepadanya berlari.
فاذكرونى اذكركم
14. Rosululloh bersabda: amal kebaikan itu menambah umur .bukan bertambah masanya tetapi kebesaran hasil yang di dapat pada usia itu.
15. الفكر سير القلب في ميادين الاغيار
Berfikir adalah jalannya perasaan hati dalam lapangan mahluk alam ini. Berfikir yang di anjurkan Alloh kepada mahluknya adalah memperhatikan kebesaran kekuasaan Alloh yang di jelmakan pada mahluk.  
16. Bagaimana engkau akan meminta upah terhadap amal yang Alloh sendiri bersedekah kepadamu amal itu atau bagai manakah engkau minta balasan atas suatu keihlasan padahal Alloh sendiri yang memberi hidayah keihlasan itu kepadamu.
17. Alwasiti berkata:menuntut balasan atas amal taat itu disebabkan karena lupa terhadap karunia Alloh.
18. Amal yang boleh minta upah adalah apabila amal itu menguntungkan atau menghindarkan kerugian terhadap siapa yang engkau beramal untuknya .sedang amal ibadah itu tidak menguntungkan dan tidak menolak madorot terhadap tuhan,bahkan semua amal itu kembali kepada yang beramal sendiri.
19. Terbukti dengan adanya mahluk(alam) atas adanya nama nama Alloh dan dengan nama nama itu terbukti adanya sifat Alloh ,sifat sifat itu membuktikan adanya dzat Alloh sebab mustabil adanya sifat berdiri sendiri tanpa dzat 
20. Orang majdub pertama terbuka terlihat oleh mereka kesempurnaan dzat Alloh kemudian menurun melihat sifat sifat Alloh ,menurun melihat nama nama Alloh hingga menurun melibat mahluk Alloh.sebaliknya orang salik dari bawah naik ke atas.maka puncak orang salik sampai permulaanya orang majdub dan permulaanya orang salik itu penghabisan orang majdub
21. Hatim al asham mengatakan:hawa nafsu harus di bunuh 4 kali pertama mati merah yaitu menahan hawa nafsu.kedua mati hitam yaitu sabar menanggung gangguan orang.ketiga mati putih yaitu tahan lapar .keempat mati hijau yaitu dapat memakai pakaian tembelan ( compang camping)
22. هو الذى خلق لكم ما فى الارض جميعا
23. Sesungguhnya alam dapat mencukupimu hanya dari sudut jasmanimu semata.tetapi tidak  dalam hal keruhanianmu.
24. Alloh berfirman :hambakujadikanlah perhatianmu 100 persen kepadaku niscaya aku cukupi segala kebutuhanmu .selama aku dengan engkau , engkau dalam kedudukan hamba dan selama engkau dengan aku maka engkau di tempat yang dekat mintalah apa saja untuk dirimu.
25. Asysyibly mengatakan :orang yang benar benar telah mengenal Alloh sama sekali tidak merasa butuh kepada kebendaan.
26. Selama masih ada hajat kebutuhan kepada alam benda maka engkau masih menjadi budak hamba kebendaan tetapi bila engkau telah sadar bahwa benda itu tidak bergerak sendiri bahkan tergantung pada penciptanya ketika engkau sadar yang demikian engkau tidak akan berhajat lagi pada alam benda dan merasa cukup dengan pencipta alam ķebendaàn sehingga benda itupun tunduk kepadamu dengan izin Alloh  penciptanya.
27. Bukan orang tawadhu seseorang yang merasa telah mengalah /merendahkan dirinya tetapi orang tawadhu ialah yang  bila berbuat sesuatu merasa diri belum layak mendapat kedudukan itu.
28. tidak. ada yang dapat mengeluarkan engkau dari sifat kesombonganmu kecuali jika engkau melihat sifat sifat Alloh .
29. Selama engkau tidak memperhatikan dan ingat kepada sifat ketuhanan kebesaran dan kekuasaan Alloh maka selama itu engkau merasa besar kuasa dan congkak .selama engkau tidak melihat sifat kesempurnaan Alloh maka selama itu juga engkau tidak mengakui kekurangan kekurangan atau kehambaan dirimu terhadap Alloh.
30. Bukan seorang yang mencintai yang meminta apa apa dari yang di cintai .tetapi sesungguhnya seorang yang cinta kasih itu ialah yang berkorban untukmu bukan yang engkau memberi apa apa  padanya.
31. Abu abdulloh al qurasyi berkata:hakikat kasih /cinta adalah bila engkau telah dapat memberikan keseluruhanmu kepada yang engkau cinta hingga tidak ada sisa apa-apa bagimu.
32. Siapa yang merasa diri tawaduk berarti ia benar-benar sombong sebab tak mungkin dia merasa tawaduk kecuali kalau dia merasa besar/tinggi dan itulah hakikat kesombongan.
33. Alloh menjadikan syaiton sebagai musuh yang nyata bagi manusia adalah suatu nikmat yang besar bagi manusia sebab dengan demikian manusia selalu harus berlindung dan mendekat kepada Alloh untuk menjaga keselamatan diri dari syaithan 
34. Sengaja Alloh menjadikan saiton sebagai musuhmu supaya engkau jemu pada saiton dan berlindung pada Alloh.demikian pula Alloh tetap menggerakkan hawa nafsumu supaya engkau tetap selalu menghadap kepada Alloh untuk melawan hawa nafsu.
35. Al hasan berkata siksa bagi orang alim itu matinya hati .ketika di tanya bagai mana matinya hati itu?mencari dunia dengan menjual akhirat.
36. Ilmu itu jika di sertai rasa takut kepada Alloh maka akan menguntungkan bagimu jika tidak maka akan berbahaya bagimu
37. Imam malik berkata bukan yang bernama ilmu kepandaian dan banyak meriwayatkan tetapi ilmu itu hanya nur yang di turunkan Alloh dalam hati manusia.dan bergunanya ilmu itu untuk mendekatkan manusia kepada Alloh dan menjauhkanya dari kesombongan.
38. Ilmu itu adalah mengenal tuhanmu dan tidak melampaui kedudukan dirimu (menyadari kehambaanmu)
39. طالب العلم تكفل الله بالرزق Alloh menanggung rizki orang yang menuntut ilmu.
40. Para malaikat meletakkan sayapnya pada orang yang menuntut ilmu karena suka dengan apa yang di tuntut
41. Al junaidi di tanya apakah ilmu yang berguna itu? Jawabnya :ilmu yang menunjukkan engkau pada Alloh dan menjauhkan dari menuruti hawa nafsu sahwat
42. وجوه يومىذ ناضرة الي ربها   ناظرة                            wajah manusia kelak berseri seri melihat tuhannya 
43. Abu dardak berkata rasululloh bersabda tiada terbit atau terbenam mataharimelainkan di sisinya ada 2malaikat yang berseru dan seruan itu dapat di dengar oleh semua mahluk kecuali manusia dan jin.hai manusia silahkan kembali kepada tuhan sesungguhnya yang sedikit tetapi yang mencukupi itu lebih baik dari yang banyak hingga melalaikan.
44. Kurangilah kesenanganmu dengan dunia supaya berkurang pula kedudukanmu pada dunia.
45. ان رغبتك البدايات زهدتك النهايات ان دعاك اليها ظاهر نهاك عنها باطن                 Jika engkau tertarik oleh permulaanya pandangan luarnya (lahirnya) maka akan menjemukan engkau pada akhirnya .jika engkau terpengaruh oleh pandangan lahir maka akan dilarang oleh hakikat batinnya( tercegah hakikat batinnya).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah sholawat di iringi koplo

Makalah larangan mengangkat orang kafir sebagai pemimpin